Senin, 04 Juli 2011

Kelemahan Obat Modern atau Obat Kimia


Kini menjadi semboyan masyarakat modern. Demikian pula dalam hal kesehatan terutama obat, banyak orang yang menggunakan obat-obatan yang berasal dari alam atau obat herbal. Oleh karena itu, perkembangan obat herbal lebih cepat daripada obat modern. Diperkirakan konstribusi obat herbal saat ini mencapai 10,5 % dari keseluruhan obat-obatan Indonesia

Berikut ini adalah beberapa kelemahan
obat modern atau
obat kimia :

1. Memiliki Efek Samping
Obat-obatan kimia pada dasarnya merupakan racun, oleh karena itu, membawa efek tubuh. Efek samping dari obat kimia dapat berupa efek samping langsung maupun tidak langsung. Atau terakumulasi. Hal ini terjadi karena bahan kimia bersifat anorganik dan murni sementara tubuh bersifat organic dan kompleks.

2. Sering Kurang Efektif Untuk Penyakit Tertentu
Beberapa penyakit emmang belum ada obatnya. Obat yang ada hanya bersifat siptomatik dan harus diminum seumur hidup. Beberapa penyakit juga belum diketahui penyebabnya. Pasien umumnya diberi obta yang hanya mengurangi rasa sakit tapi tidak menyembuhkan penyakit.

3. Harga yang Mahal Karena Faktor Impor
Obat-obatan kimia umumnya mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat pada umumnya. Apalagi obat untuk penyakit yang tergolong berat. Salah satu penyebabnya adalah hampir semua obat kimia yang kita gunakan berasal dari luar negeri. Hal ini terjadi karena untuk menghasilkan obat dibutuhkan teknologi tinggi, biaya investasi yang tinggi, dan waktu penelitian yang panjang. Bahan mahal yang diimpor terdiri atas bahan jadi, bahan baku obat, bahan pengemas obat, teknologi, peralatan dan mesin-mesin, tenaga ahli dan tenaga terampil. Tingginya harga juga terjadi karena impor menggunakan mata uang asing yang berfluktuasi sesuai kurs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar