Senin, 04 Juli 2011

Makanan Yang Dapat Menurunkan Sistem Imun Anda


img
Sistem kekebalan berfungsi melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Jika ingin memiliki sistem kekebalan yang kuat, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi nutrisi dan makanan berikut ini.

Beberapa faktor memang bisa menghambat dan menurunkan sistem kekebalan tubuh seperti stres, kurang tidur, merokok, kebiasaan makan dan olahraga yang buruk serta kondisi medis lainnya. Dan anak-anak serta orang yang sudah tua diketahui memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah.

Meski begitu beberapa kandungan dalam makanan diketahui bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh seperti dikutip dari Livestrong, Senin (4/7/2011) yaitu:

1. Daging Merah
Makanan ini merupakan sumber utama dari lemak jenuh yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi, diabetes tipe 2 dan bentuk penyakit lain akibat kekebalan tubuh yang menurun.

Para ahli dari Cleveland Clinic menyarankan masyarakat untuk mengurangi atau menghindari sumber lemak jenuh (hot dog, sosis babi, salami, daging goreng, iga) dan daging merah.

2. Margarin dan Mentega
Margarin mengandung lemak trans yang bisa merusak kesehatan jantung serta sistem kekebalan tubuh. Dr David Katz direktur Yale Prevention Research Center di Connecticut menuturkan lemak trans berkontribusi terhadap peradangan.

Hal ini membuat sistem kekebalan tidak bisa memberikan perlindungan yang tepat dan baik bagi tubuh. Untuk itu gantilah mentega dan margarin dengan minyak nabati seperti minyak zaitun dan kanola untuk memperkuat sistem imun.

3. Produk Susu Tinggi Lemak
Produk susu yang memiliki kadar lemak tinggi merupakan sumber tambahan untuk lemak jenuh. Cleveland Clinic menyarankan untuk memilih susu, yogurt, keju atau makanan lain yang rendah lemak agar bisa memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

4. Konsumsi Gula Berlebih
Mengonsumsi gula berlebih hingga 8 sendok makan per hari bisa mengurangi kemampuan sel darah putih untuk menghancurkan kuman sebesar 40 persen. Efek ini sudah mulai terasa sejak 30 menit dari saat tertelan hingga 5 jam ke depan. Asupan gula ini bisa berasal dari permen, seral warna warni, sirup, selai, jeli, kue dan biskuit.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar