Rabu, 27 April 2011

Kenapa Penis Melengkung?

Penis adalah salah satu organ maskulin pria yang merupakan organ erektil yang berfungsi dalam sistem reproduksi manusia. Pada beberapa kondisi, penis yang ereksi akan terlihat sangat melengkung, hal ini kita kenal juga sebagai penyakit Peyronie.

Penyakit Peyronie adalah suatu kondisi peradangan pada penis, dimana terbentuk suatu plak di suatu ruang diantara bawah kulit dan membran yang dikenal juga sebagai tunika albuginea. Formasi plak ini dapat menyebabkan kelainan bentuk terutama pada saat penis mengalami ereksi sehingga membuat penis tampak melengkung. Penyakit Peyronie ini dapat menimbulkan keluhan terutama rasa nyeri pada saat ereksi dan gangguan pada saat berhubungan seks, termasuk kesulitan pada saat melakuka penetrasi.

Sekitar 75% penderita penyakit ini mengalami gangguan stress mental, walaupun penyakit ini jarang, namun penyakit ini terdapat pada 9% populasi pria di seluruh dunia. Dan juga penyakit ini sering berasosiasi dengan gangguan ereksi.
peyronie.jpg

Penyakit ini dinamakan sebagai Peyronie karena pertama kali penyakit ini ditemukan oleh Francois Gigot de la Peyronie. Walaupun penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun beberapa ahli menyimpulkan trauma pada penis adalah penyebab dari pembentukan plak di bawah kulit penis sebagai akibat trauma yang sering disebabkan oleh hubungan seks yang terlalu kasar.

Pengobatan penyakit ini tergantung dari stadiumnya mulai dari stadium akut yang dapat diobati dengan pemberian obat-obatan oral dan injeksi, dan pada keadaan lanjut dapat dilakukan tindakan bedah untuk membebaskan daerah yang melengkung.

****************************************

Quote - Answer

Quote :
Apakah setiap penis melengkung ketika ereksi itu pasti karena ada peradangan pada penis? Atau dengan kalimat lain, apakah setiap penis melengkung ketika ereksi itu berarti disebut sebagai penyakit Peyronie?

230px-Peyronie_disease.jpg

Yang paling penting pada penyakit Peyronie ini adalah terbentuk formasi plak atau jaringan ikat yang menebal pada jaringan di bawah kulit penis yang sementara ini masih diduga akibat dari luka akibat trauma. Pada normalnya pun penis ereksi dapat melengkung, namun hal ini ditentukan oleh derajat kelengkungannya itu sendiri dan adanya jaringan ikat dan apa sebelumnya ada riwayat trauma atau pembentukan jaringat ikat yang membuat penis melengkung. Kalau memang sejak awal melengkung itu memang sudah dalam batas normal dan bawaannya.

Quote :
Apakah ada derajat kemelengkungan sehingga bisa dikatakan ada peradangan pada penis ketika ereksi?

Sampai saat ini beberapa literatur belum pernah ada menceritakan berapa derajat, namun jelas penyakit ini lebih banyak menyerang pada pria dewasa diatas 40 tahun, bukan berasal penis yang melengkung sejak anak-anak. Penyakit Peyronie ini dapat juga terjadi pada laki-laki yang lebih muda, namun sangat jarang, dan juga penyakit ini lebih banyak pada kaum kulit putih.

Quote :
Arah melengkung juga menjadi patokan, misal melengkung ke kiri, kanan, atas, bawah?

30% kasus ini terbanyak adalah melengkung keatas, sisanya dapat melengkung ke bawah dan ke kiri maupun ke kanan tetapi jarang


Quote :
Apakah jika penis melengkung (ketika ereksi) pasti mengalami rasa nyeri pada saat ereksi?

Dilihat lagi dari sejarah sebelumnya, apakah ia pria dewasa dan sebelumnya belum pernah mengalami hal ini, dan bila tiba-tiba melengkung dalam keadaan yang akut penyakit ini dapat menimbulkan rasa nyeri pada ereksi dan gangguan seks

Sumber : 
- Freedberg, Irwin M.; Fitzpatrick, Thomas B. (2003). Fitzpatrick's dermatology in general medicine (6th ed.). New York: McGraw-Hill, Medical Pub. Division. p. 990 2.
- http://www.andrologyjournal.org
- http://www.indianjurol.com
- http://www.indianjurol.com
- http://kidney.niddk.nih.gov



Tidak ada komentar:

Posting Komentar