Rabu, 20 April 2011

Tips Mencegah Penyakit Tetanus

 Tetanus timbul  ketika spora bakteri Clostridium Tetani masuk ke dalam luka melalui paku berkarat

Jangan pernah anggap remeh luka kecil sekalipun ,karena hanya karena luka kecil saja Anda akan dapat mengalami hal yang fatal yakni kejang -kejang karena tetanus.

Oleh karena itu saya akan berikan tips pencegahan agar Anda terhindar dari serangan tetanus ,berikut ini beberapa tipsnya :

1. Bila Anda terlakuka karena apapun usahakan dan pertahankan luka tetap bersih dan aliri luka dengan air hangat dan steril. Balurkan daerah luka dengan antiseptik. Jika terdapat kotoran sebaiknya pergi ke dokter di rumah sakit.

2. Perhatikan jenis luka ,luka tusuk atau luka terpotong dalam ,sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Jika luka dalam keadaan kotor ,dokter bisa saja akan melakukan tindakan operasi kecil untuk membersihkan luka yang dalam. selain itu dokter juga biasanya akan memberikan suntikan serum anti tetanus ATS dan antibiotik.

3. Usahakan luka dalam keadaan tetap bersih selama beraktivitas dengan cara menutupnya dengan verband ,bila keadaan bersih luka bisa saja beberapa lama dibuka untuk mempercepat pengeringan luka.

4. Bila luka dalam keadaan basah dan kotor ,sebaiknya verband balutan diganti minimal dua kali sehari.  Bila luka dalam keadaan kering dan bersih boleh diganti sekali sehari.

5. Senantiasa menjaga luka tetap dalam keadaan kering tidak basah agar luga cepat kering. Ketika mandi sebaiknya daerah yang luka dilindungi sehingga tidak terkena air.

Bila Anda luka yang tak sembuh sembuh segeralah hubungi dokter keluarga Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar