Kamis, 14 April 2011

Hymen Imperforatus (Selaput Dara Tak Berlubang )

Hymen Imperforatus (Selaput Dara Tak Berlubang )

Kasus ini memang tidak banyak dan langka. Namun, apabila anak perempuan sudah masanya menstruasi, ternyata belum juga memperolehnya, harus dicurigai kemungkinan selaput daranya tak berlubang.

Normalnya, selaput dara harus berlubang. Lubang ini diperlukan agar darah haid bisa mengalir keluar dari liang rahim. Jika selaput dara rapat tanpa lubang, kendati menstruasi sudah berlangsung, namun darah haidnya tidak mungkin dapat keluar dari vagina, sehingga tertahan di belakang selaput dara lalu menumpuk di dalam saluran vagina.

Saluran vagina yang seharusnya kosong akan dipenuhi oleh darah haid. Dan, bila penumpukan darah haid berlangsung bertahun – tahun, berarti tumpukan darah akan terus mendesak ke bagian yang lebih atas. Pada kasus vagina tidak berlubang ditandai dengan tidak pernah munculnya haid sejak usia seharusnya sudah mulai haid (menarche). 

Proses menstruasinya di dalam tubuh sudah berlangsung. Namun, oleh karena darah haid sebagai hasil dari proses haidnya tak bisa keluar, darah haid yang setiap bulan tidak bisa mengalir keluar itu, lalu tertahan menumpuk di belakang saluran vagina. 

Itu berarti jika haid pada wanita yang selaput daranya tak berlubang katakanlah sudah dimulai sejak usia 12 tahun, dan wanita tidak memeriksakan diri sebelumnva, kondisinya baru ketahuan sewaktu malam pengantin.
Pada kasus selaput dara tak berlubang, bisa terja di sudah lebih 10 tahun darah haidnya menumpuk di belakang saluran vagina. Lama – kelamaan tumpukan darah haid bisa saja mendesak sampai ke rahim, lalu ke seluruh saluran reproduksi.

Mengetahui adanya selaput dara tak berlubang tidaklah sulit
Dalam posisi mengangkang di meja periksa kebidanan, dokter melihat benjolan berselaput bening (selaput dara) menyerupai balon berwarna hitam keunguan di saluran liang kemaluan (vagina) pada saat kedua bibir kemaluan sengaja direkahkan. 

Pada rabaan terasa keras kenval. Mereka yang cemas belum haid – haid, padahal sudah lewat usia remaja, umumnya akan memeriksakan diri ke dokter. Di ranjang kebidanan dengan mudah dokter akan mendapati kemungkinan adanya kelainan selaput dara, kalau selaput dara abnormal penyebabnya.

Terapi untuk kasus selaput dara tak berlubang begini cukup hanya dengan membuat sobekan pada selaput dara untuk mengalirkan tumpukan darah yang menumpuk di belakang saluran vaginanya saja. Tetapi, tidak pernah haid, padahal sudah usia haid, tentu bukan hanya itu saja penyebabnya, ada sejumlah penyebab lainnya.


Daftar Pustaka
Buku Sehat calon Pengantin dan Keluarga Muda, Oleh Dr. handrawan Nadesul, Kompas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar