Selasa, 05 April 2011

Senam Kesegaran Mata

Buat para penggila komputer maupun televisi, pasti sering mengalami mata lelah akibat terlalu sering di depan komputer maupun di depan televisi. Hal ini wajar terjadi karena mata kita di paksa untuk terus menerima cahaya yang sering berubah - ubah tingkat terang dan gelapnya, sehingga mata kita di paksa untuk bekerja ekstra. Belum lagi radiasi yang di timbulkan dari layar monitor komputer maupun televisi. Namun tidak perlu khawatir, karena kita bisa sejenak mengistirahatkan mata agar tidak berakibat ketidak nyamanan yang nantinya mengganggu aktifitas kita.

Bukan asal beristirahat, namun kita harus melakukan sedikit
senam kesegaran mata agar mata kita fresh kembali. Senamnya pun tak terlalu sulit kok, mau langsung praktek ? Ayo di simak :

 
1. Langkah 1
Duduklah di atas kursi dengan nyaman dengan posisi kedua kaki di silangkan dan tangan berada di pangkuan kaki. Posisikan dagu tegak lurus sejajar dengan bahu, tidak mendongak ataupun tidak menunduk. Bernafaslah dengan teratur dan perlahan sepanjang latihan. Selain menggerakkan mata jangan melakukan gerakan apapun selama latihan. Akhiri setiap langkah latihan dengan menutup mata sejenak untuk merilekskannya. Lakukan selama 5 - 10 menit.

 
2. Langkah 2
Gerakkan bola mata ke arah atas, lihatlah sejauh mungkin yang bisa di lihat. Tahan selama 3 detik lalu lepaskan. Lakukan hal yang sama pada arah sebaliknya, yaitu melihat kebawah dan tahan selama 3 detik lalu lepaskan. Ulangi sebanyak 3 kali.

 
3. Langkah 3
Arahkan pandangan mata ke samping kanan sejauh mungkin dan tahan selama 3 detik lalu lepaskan, lanjutkan dengan mengarahkan pandangan ke kiri sejauh mungkin bisa memandang , tahan selama 3 detik dan lepaskan. ulangi hingga 3 kali.

 
4. Langkah 4
Gerakkan mata secara memutar dari kanan, bawah, kiri , atas dan kembali ke arah semula. Lakukan 3 kali.

 
5. Langkah 5
Fokuskan ke dua mata pada ujung hidung selama beberapa saat dan lakukan 3 kali.

Selamat mencoba..!
Sumber : http://cozyeslife.blogspot.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar