Selasa, 05 April 2011

Seribu Manfaat Kacang Hijau (Bag.2)

Kacang hijau kalau sudah di buat bubur hmmmm siapa yang bisa menolak, ga nahan de.. Selain memang enak kacang yang satu ini, tak di sangka ternyata banyak juga manfaat kacang hijau untuk menjaga kesehatan kita dan juga membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Kacang hijau mempunyai beberapa kandungan gizi, diantaranya kalori, protein, lemak, Vitamin A, B1, fosfor dan zat besi.

Salah satu keistimewaan dari kacang hijau adalah walaupun di rebus dalam waktu yang lama, manfaat dari
kacang hijau tidak hilang. Di banding jenis tanaman lain yang akan berkurang manfaatnya bila di masak terlalu lama. 

Nah langsung saja berikut manfaat - manfaat dai kacang hijau :

1. Mengobati Maag
Caranya : Jemur 1/4 kg kacang hijau hingga kering lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya ambil 1 sendok makan bubuk kacang hijau dan seduh dengan air hangat secukupnya, selanjutnya minum secara teratur.

2. Memperlancar Kencing
Caranya : Rebus 30 g kacang hijau dan 30 g daun sendok dengan 400 cc air sampai kacang hijau matang. Setelah dingin tambahkan madu secukupnya dan makan rebusan tersebut secara teratur hingga kencing lancar.

3. Meningkatkan Vitalitas Pria
Caranya : Rebus 30 g kacang hijau, 2 ruas jahe, 15 g merica, 15 g adas, 15 g pulosari, 15 g biji kucai, 15 g biji paria dan 15 g biji ketumbar dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelsh dingin minum secara teratur.

4. Mengobati Varises
Caranya : Rebus 1 genggam kacang hijaudengan 2 gelas air hingga airnya tersisa setengahnya. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari pagi dan menjelang tidur, selain itu sebelum tidur tempatkan kaki di tempat yang lebih tinggi dari kepala selama 10 menit. Lakukan secara rutin.

5. Mengobati Rambut Rontok
Caranya : Rebus kacang hijau secukupnya dengan satu gelas air hingga mendidih, setelah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk membasahi kepala sambil di pijit - pijit beberapa saat dan biarkan kering. Kemudian basuh atau keramas.

6. Mengobati Bisul
Caranya : Rebus 50 g kacang merah kecil, 50 g kacang hijau, 50 g kedelai hitam hingga mendidih. Selanjutnya rebus 2 ruas jahe hingga mendidih, dan campurkan air rebusan kacang hijau dengan air rebusan jahe kemudian minum secara teratur. Untuk bisul yang sudah matang campuran tadi di tambahkan madu secukupnya.
 
 
Sumber : http://cozyeslife.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar