Jumat, 15 April 2011

Apakah Anda Tahu Telah Menderita Diabetes ?


check gula dara Diabetes Melitus

Keadaan Obesitas dan Diabetes melitus DM telah semakin sering kita temui dilingkungan kita sehari hari , dan memang kini telah menjadi ancaman di Indonesia bahkan Dunia. Berbagai akibat dari DM mungkin telah Anda ketahui ( akan dibahas kemudian ) ,seperti risiko terjadinya seranga jantung , serangan pembuluh darah otak atau Stroke.

Tetapi saya yakin apakah Anda mengetahui bahwa Anda mengidap DM ?   Saya rasa Anda tidak mengetahuinya apakah saya ada DM ? Oleh karena untuk mengetahui apakah Anda terkena DM atau tidak sangatlah penting ,maka saya akan uraikan sedikit mengenai hal ini .

Sebelum Anda benar benar mengidap DM ,biasanya didahului dengan keadaan Prediabetes ,keadaan ini penting diketahui agar Anda dapat terhindar masuk kedalam keadaan Diabetes Melitus DM.

Diagnosa Pre Diabetes (Pre DM) 
GPT (Gangguan Puasa Terganggu) : bila kadar gula darah setelah puasa 8-10 jam  adalah 100 – 125 mg/dl.
TGT (Toleransi Glukosa Terganggu) : bila kadar glukosa darah 2 jam setelah makan (75 gram Glukosa) adalah : 140 – 199 mg/dl

- Persiapan yang perlu dilakukan :
Pada hari pemeriksaan laboratorium disarankan Anda tidak melakukan kegiatan olah raga atau aktivitas jasmani yang berlebihan atau mengkonsumsi kafein atau mengkonsumsi obat-obat yang mungkin mempengaruhi kadar gula darah.

- Pelaksanaan :
1. Pada malam sebelum esok hari Anda melakukan tes laboratorium ,Anda diharuskan Puasa minimal 8 sampai 10 jam sampai pada saat diambil darah dilaboratorium.

2. Anda akan diambil sampel darah yang pertama yaitu untuk Gula Darah Puasa.

3. Setelah itu Anda akan dipersilakan makan seporsi biasa Anda makan ( pada Lab tertentu anda akan disiapkan larutan gula 75 gram dalam 300 cc air putih.

4. 2 Jam setelah makan atau pembebanan 75 gram glukosa ,darah Anda akan diambil kembali untuk yang kedua kalinya ,yaitu untuk pemeriksaan kadar Glukosa 2 Jam setelah makan.

Apakah Anda terkena PreDiabetes (Pre DM) ?
Bila Anda mempunyai GPT = 100 – 125 mg/dl   dan atau  TGT  = 140 -199 ng/dl.  Bila hasil Laboratorium Anda mempunyai nilai kriteria diatas maka Anda sangat kuat diduga telah dalam kondisi Pre Diabetes (Pre DM).

Segera berkonsultasi dengan dokter Keluarga Anda bila ada hasil Laboratorium Anda yang meragukan.


Sumber : http://formulasehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar