Senin, 18 April 2011

Mengapa Payudara Membesar Saat Haid?


Ukuran payudara akan sedikit berubah (membesar) karena pengaruh fluktuasi hormon yang terjadi saat siklus menstruasi atau haid yang normal terjadi. Hal tersebut adalah normal.

Apa sih yang terjadi dalam tubuh seorang wanita, termasuk siklus hormonal di saat itu?

1. Progesteron
Salah satu hormon yang bertanggung jawab terhadap perubahan ukuran (membesar) selama menstruasi adalah hormon progesteron. Level progesteron dalam tubuh wanita mencapai puncaknya di hari ke-21 dari siklus menstruasi 28 hari-an.

 Siklus Haid
2. Prolaktin
Berdasar penelitian yang dilansir The American Cancer Society, terdapat korelasi antara level hormon prolaktin dengan pertambahan ukuran payudara selama menstruasi. Prolaktin bertanggung jawab merangsang kelenjar susu hingga membesar (persiapan menjadi pabrik ASI jika terjadi kehamilan). Prolaktin mencapai puncak levelnya di sekitar 2 minggu sebelum menstruasi (saat masa subur).

3. Estrogen
Sama dengan hormon prolaktin, hormon estrogen juga mencapai puncaknya pada hari ke-14 dari siklus menstruasi 28 hari-an. Hormon estrogen adalah hormon yang paling bertanggung jawab terhadap perubahan ukuran payudara.

4. Kadar Air
Fluktuasi hormonal selama siklus menstruasi yang menyebabkan air dalam tubuh akan tertahan. Biasanya terjadi di payudara dan daerah perut (karena itu salah satu tanda menstruasi adalah perut seperti kembung dan membesar). Saat tersebut, sebaiknya anda mengurangi konsumsi garam. Karena garam akan memperbesar kadar air yang tertahan di tubuh.

5. Peringatan

Namun, jika payudara membesar (sekali) dan seperti sangat membengkak, maka ada dugaan terjadi kerusakan jaringan payudara. Pada tahun 1992, dalam sebuah penelitian di RS. Necker di Prancis. Terdapat korelasi antara pembengkakan payudara selama menstruasi dan risiko kanker payudara.

Karena membesar dan kelenjar susu juga membesar, payudarapun menjadi lebih sensitif dibandingkan hari-hari biasa.

Lalu apa yang sebaiknya rekan wanita dapat lakukan?
Kurangi konsumsi garam, kafein, dan lemak dalam pola makan minum untuk mengurangi “pembengkakan” (sementara) payudara selama menstruasi.


Sumber : http://www.artikelpayudara.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar