Sabtu, 02 Juli 2011

Cara Alami Menyelamatkan Daya Ingat


  
Hal yang ditakutkan perempuan dari pertambahan umur adalah munculnya kerutan dan uban. Untuk menghindarinya, banyak perempuan mengupayakan berbagai cara agar penampilannya terlihat awet muda. Tapi pernahkah Anda berpikir untuk menyelamatkan daya ingat? Terlebih, proses penuaan sebenarnya tak hanya terjadi di kulit. Sel-sel otak pun berisiko melemah, sehingga daya ingat kita menjadi taruhannya.

Tahukah Anda, seiring bertambahnya usia, otak juga ikut menyusut. Kondisi ini memicu komunikasi antarsel otak melambat. Alhasil, kita menjadi pikun dan sulit untuk fokus. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari itu semua?

Seperti dilansir laman Prevention Indonesia belum lama berselang, inilah kebiasaan sehat yang dapat kita lakukan agar kinerja otak tetap awet muda :

1. Olahraga
Penelitian membuktikan, orang lanjut usia yang melakukan olahraga level moderat, seperti olahraga jalan sebanyak lima kali dalam seminggu, berhasil menekan munculnya gejala pikun setelah rutin berolahraga selama enam bulan.

Sampai saat ini, para peneliti belum mengerti secara pasti efektivitas olahraga bisa menekan kemunduran kerja otak. Namun para peneliti membuktikan, olahraga sangat efektif menekan produksi hormon stres di dalam otak yang mempengaruhi keseluruhan fungsi tubuh. Olahraga juga membuat kita tidur lebih lelap, sehingga kemampuan otak untuk memperbaiki sel-sel rusak dari aliran darah yang optimal selama tidur dapat terjadi sempurna.

2. Menikmati Warna-warni Buah dan Sayuran
Para ahli menyarankan kepada orang-orang yang mengalami tingkat stres untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Tak sekadar buah dan sayuran dari satu jenis saja, tapi harus bervariasi. Sebab variasi inilah yang akan membuat otak mendapatkan berbagai jenis antioksidan yang dapat menyelamatkan kita dari serangan radikal bebas.

3. Beri "Tantangan" Mental bagi Otak
Randolph Schiffer, Direktur Cleveland Clinic Lou Ruvo Center untuk Kesehatan Otak, menjelaskan, otak yang dilatih secara rutin akan semakin membentuk tingkat ketajaman memori. Latihan seperti apa yang diperlukan otak? Cukup menyenangkan karena sebenarnya yang kita lakukan adalah bermain, yaitu bermain sudoku, catur, atau mengisi teka-teki silang.

4. Beri Tubuh Kualitas Tidur yang Baik

Tahukah Anda apa yang akan dinikmati otak saat kita tidur delapan jam dengan kualitas yang baik? Jawabannya adalah kerja kognitif dan daya ingat otak akan semakin optimal. Sebab, tidur akan membuat tubuh menekan produksi hormon stres. Sehingga seluruh tubuh akan merasa rileks. "Bahkan ada bagian otak yang justru aktif bekerja saat kita tertidur," ucap P. Murali Doraiswamy, Kepala Psikiatri Biologis dari Duke University Medical Center dan penulis buku The Alzheimer`s Action Plan.

Tapi jangan lantas mengandalkan obat tidur demi membuat otak menikmati semua manfaat itu. Sebab, obat tidur justru memberikan efek samping terhadap otak. Karena itu, perlu konsultasi dengan dokter untuk mengonsumsinya.

Ayo mulai beri perhatian pada otak, lindungi mulai dari sekarang!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar